Dina Mardhatilah, STp, Msi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH VARIASI METODE PENGOLAHAN DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK KOMPONEN KIMIA DAN SENSORI KOPI ARABIKA


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh variasi metode pengolahan dan lama fermentasi terhadap karakteristik komponen kimia dan sensori kopi arabika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengolahan buah kopi secara Natural, Fullwash, dan Honey terhadap karakteristik kimia biji kopi arabika dan citarasa kopi bubuk arabika yang paling disukai oleh panelis dan mengetahui lama waktu fermentasi yang paling baik terhadap karakteristik komponen kimia biji kopi arabika dan cita rasa kopi bubuk arabika yang paling disukai oleh panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap dua faktor. Faktor pertama yaitu metode pengolahan buah kopi yaitu S1 = pengolahan secara natural, S2 = pengolahan secara fullwash, S3 = pengolahan secara honey, dan faktor kedua lama fermentasi yaitu B1 = 18 jam, B2 = 24 jam, B3 = 30 jam, analisis yang dilakukan yaitu uji organoleptik, kadar kafein, total asam, kadar lemak, kadar protein, kadar abu, dan kadar air.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengolahan buah kopi secara natural, fullwash, honey berpengaruh nyata terhadap aktivitas kadar kafein, total asam, kadar protein, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar lemak, kadar abu, kadar air, dan uji organoleptik meliputi aroma, flavor, acidity. Lama fermentasi 18 jam, 24 jam dan 30 jam berpengaruh nyata terhadap kadar kafein, total asam, kadar lemak, dan kadar protein, akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap aktivitas kadar abu, kadar air, dan uji organoleptik meliputi aroma, flavor, dan acidity. Terdapat interaksi antara metode pengolahan buah kopi dan lama waktu fermentasi berpengaruh nyata terhadap kadar lemak dan kadar protein akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap aktivitas kadar kafein, total asam, kadar air, kadar abu, dan uji organoleptik meliputi aroma, flavor, dan acidity. Berdasarkan uji kesukaan organoleptik, perlakuan yang paling disukai oleh panelis yaitu S1B3 (S1: Pengolahan Natural dan B3; Lama Fermentasi 30 jam) dengan skor 7,95 (very good).

LOADING LIST...
miftahromadon29@gmail.com
Dina Mardhatilah, STp, Msi - Personal Name
Miftah Romadon - Personal Name
Ir. Erista Adisetya, M.M - Personal Name
089512375072
NONE
Text
INSTPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...