Dr. ismiasih, S.TP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS VALUE CHAIN KOPI ROBUSTA DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN TEMANGGUNG, PROVINSI JAWA TENGAH


Abstrak
Penelitian ini terkait analisis kontribusi Value Chain usahatani kopi robusta terhadap pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Temanggung
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pemetaan rantai nilai kopi robusta, mengetahui tentang dampak rantau nilai terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan serta mengetahui farmer share dari setiap saluran kopi robusta di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode dasar penelitian deskriptif dan analitik dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan usahatani.
Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa terdapat 7 pelaku rantai nilai yakni Petani, Pengepul Desa, Pengepul Kecamatan, Pedagang Besar, Pengolah Kopi, Eksportir dan Konsumen. Diketahui terdapat 7 saluran aliran produk dan saluran finansial yang dilalui oleh pelaku rantai nilai. ¬Farmer Share terbesar yang diperoleh petani terdapat pada saluran 7 yakni 100% dengan keuntungan sebesar Rp 21.000. Nilai R/C usahatani kopi robusta 7,6. Kopi robusta memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan pendapatan, tenaga kerja, Pendidikan dan Kesehatan serta lingkungan.
LOADING LIST...
ekstyoo@gmail.com
081337000320
NONE
Text
INSTPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...