Ir. Kusumastuti, M.Sc. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Minuman Teh Herbal Dari Daun Sirsak Dan Serai Dengan Variasi Penambahan Pewarna Alami


Telah dilakukan penelitian mengenai pembuatan minuman teh herbal dari perbandingan daun sirsak dan serai dengan penambahan pewarna alami bunga telang dan rosela . Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan minuman herbal dengan kadar antioksidan yang tinggi dan untuk mengetahui perbandingan daun sirsak dan serai dengan penambahan pewarna alami yang paling disukai panelis
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Acak lengkap dua faktor. Faktor pertama yaitu perbandingan daun sirsak dan serai A1 (100%:0%) A2 (75%:25%) A3 (50% : 50%) A4 (25% : 75%), dan faktor kedua penambahan pewarna alami yaitu bunga telang B1 (10%), rosella B2 (10%) analisis yang dilakukan yaitu uji aktivitas antioksidan, uji pH, uji total fenol, Uji kesukaan Organoleptik yaitu :aroma, rasa dan warna.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan aktivitas antioksidan tertinggi yaitu A4B2 (Daun sirsak 25%:75% Serai) sebesar 16,72%. Perbandingan daun sirsak dan serai berpengaruh nyata terhadap kadar aktivitas antioksidan dan kadar kesukaan aroma . Dan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar phenol, kadar pH, kadar, kadar kesukaan warna, dan kadar kesukaan rasa.. Penambahan pewarna alami berpengaruh nyata terhadap kadar aktivitas antioksidan , pH. Dan tidak berpengaruh terhadap kadar fenol, kesukaan warna, kesulkaan aroma, kesukaan rasa. Berdasarkan uji organoleptik keseluruhan tentang tingkat kesukaan panelis terhadap teh herbal yang dihasilkan formula yang paling disukai adalah perlakuan A2B2 (daun sirsak 25 %: serai 75 % dengan penambahan pewarna rossela 10%) dengan rerata kesukaan panelis dengan skor 5,21 (agak suka).
LOADING LIST...
kharismandana72@gmail.com
Ir. Kusumastuti, M.Sc. (P) - Personal Name
KHARISMANDANA - Personal Name
Dina Mardatilah, S.TP., M.Si. - Personal Name
Kharismandana - p - Personal Name
081337609819
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...