Muhammad Luthfi Arbi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS POTENSI BAHAYA DAN PENGENDALIANNYA DENGAN METODE HIRAC DI BAGIAN PENGOLAHAN PADA PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PTPN III RAMBUTAN TEBING TINGGI, SUMATERA UTARA.


ANALISIS POTENSI BAHAYA DAN PENGENDALIANNYA DENGAN METODE HIRAC DI BAGIAN PENGOLAHAN PADA PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PTPN III RAMBUTAN TEBING TINGGI, SUMATERA UTARA

MUHAMMAD LUTHFI ARBI
17/19285/THP-STPK

INTISARI
Analisis potensi bahaya dan pengendalian risiko penelitian ini memakai metode hazard identification risk assessment and risk control (HIRARC). Data didapat melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan untuk memperoleh potensi bahaya, nilai masing masing resiko bahaya, dan Pengendalian secara umum.
Jika potensi bahaya yang muncul bisa teridentifikasi dan dapat dikendalikan, sehingga angka kemunculan kecelakaan juga terjadi penurunan. Hasil observasi lapangan ditemukan ada 53 temuan potensi bahaya (hazard) yang selanjutnya diketagorikan menurut jenis sumbernya menjadi 5 sumber bahaya, diantaranya: Sikap pekerja, umur, lama kerja, lingkungan kerja.
Analisis risiko melalui potensi peluang dan tingkat keparahan dari bahaya. Sesuai dengan hasil analisis risiko, ada dua sumber bahaya yang masuk kategori “Risiko Ekstrim”, satu sumber bahaya dengan katgeori “Risiko Tinggi”, satu sumber bahaya dengan kategori “Risiko Sedang”, dan satu sumber bahaya dengan kategori “Risiko Rendah” dan pada PKS PTPN III Rambutan sudah mengimplementasikan manajemen risiko sesuai dengan PP RI Tahun 2012 No.50 dengan hasil pencapaian 93,7% yang masuk dalam kategori penerapan memuaskan. Dalam hal untuk perbaikan didapatkan upaya pengendalian risiko diantaranya memberikan alat pelindung diri, mengadakan dan menempatkan safety sign, membuat batas area jalan dan menjalankan maintenance peralatan.

Kata kunci: PKS PTPN III, Kecelakaan Kerja, Bahaya Risiko, Pengendalian Risiko


LOADING LIST...
arbiluthfi03@gmail.com
088261826615
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...