Dr. Sri Suryanti, SP, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERTUMBUHAN MUCUNA BRACTEATA PADA BERBAGAI KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN ASAL BAHAN TURUS


INTISARI
Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui interaksi antara komposisi jenis media dan bahan stek terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata, serta untuk mengetahui pengaruh komposisi jenis media dan bahan stek terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata ini telah dilaksanakan di Jalan Nanas Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Muara Bungo, Provinsi Jambi pada bulan Desember 2020 sampai Januari. 2021.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu jenis media (P) yang terdiri dari 4 aras yaitu, Tanah latosol, Tanah l : kk (1:1), Tanah l : ks (1:1), dan Tanah l : kk + ks (1:1). Faktor kedua asal bahan stek ( S ) yang terdiri dari 3 aras yaitu, Stek pucuk, Stek tengah dan Stek bawah. Dari 2 faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan, masing-masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali, sehingga jumlah unit percobaan adalah 12 x 3 = 36 percobaan. Hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (analysis of variance) pada jenjang nyata 5%. Untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan diuji dengan jarak uji beragam Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terjadi interaksi nyata antara jenis media dan asal bahan stek terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteata, akan tetapi jenis media dan asal bahan stek menunjukkan interaksi nyata pada persentase hidup stek Mucuna bracteata. Jenis media berupa campuran tanah latosol dengan pupuk kandang kambing dan sapi dengan komposisi yang berbeda tidak berpengeruh terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteata. Asal bahan stek dari pucuk, tengah dan bawah tidak berpengeruh terhadap pertumbuhan stek Mucuna bracteata.
Kata kunci : stek Mucuna bracteata, jenis media dan asal bahan turus

LOADING LIST...
ahmadzhuri.bp@gmail.com
082285791269
Kata kunci : stek Mucuna bracteata, jenis media da
NONE
Text
INSTIPER
2022
LOADING LIST...