Ir. Sunardi (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Sabun Wajah Berbasis Sawit Dari Palm Oil Kernel - Red Palm Oil Dengan Penambahan Arang Aktif Cangkang Sawit dan Okra


Telah dilakukan penelitian tentang pembutan sabun wajah berbasis sawit dari palm kernel oil – red palm oil dengan penambahan arang aktif cangkang sawit dan okra. Tujuan untuk memperoleh formulasi sabun wajah berbasis sawit dengan arang aktif cangkang sawit dan okra yang sesuai SNI, untuk mengetahui persen massa arang aktif cangkang sawit dengan penambahan ekstrak okra yang menghasilkan efektivitas daya pembersih sediaan sabun wajah yang terbaik, untuk mengetahui persen massa ekstrak okra yang dapat diformulasikan sebagai sumber antioksidan dalam bentuk sediaan sabun wajah yang tebaik, dan untuk mengetahui formulasi sabun wajah disukai panelis.
Penelitian ini mengunakan Rancangan Blok Lengkap yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor pertama persen massa arang aktif cangka sawit A1 (3%), A2 (2%), A3 (1%), dan penambahan persen massa ekstrak okra B1 (2%), B2 (3%), B3 (4%). Analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu : uji fisik, uji kimia, uji efektivitas sabun, dan uji antiosidan.
Hasil penelitian menunjukan pengaruh penambahan arang aktif cangkang sawit dan penambahan ekstrak okra yang memenuhi SNI yaitu kadar air (10%), alkali bebas (0,05%), lemak taktersabunkan (0,1%), dan yang tidak memenuhi SNI yaitu kadar pH (9), kadar Asam Lemak Bebas (3%) dan yang terbaik pada A3B3. Dari hasil penelitian efektivitas daya pembersih terbaik yaitu pada sampel A1B1 sebesar 208,8500 NTU. Berdasarkan aktifitas antioksidan yang berpengaruh pada penambahan ekstrak okra dengan nilai terbaik pada A3B3 dengan nilai 28,11% dan yang paling disukai pada A1B1 dengan skor rata-rata 4 atau agak disuka.



Kata Kunci : PKO, RPO, Arang Aktif, Okra.

LOADING LIST...
rambepikri@gmail.com
Ir. Sunardi (P) - Personal Name
Pikri Alpaarisi Rambe - Personal Name
Herawati Oktavianty, S.T., M.T - Personal Name
082267839540
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...