Ir. Agus Prijono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STATUS KESEHATAN HUTAN RAKYAT JABON (Anthocephalus cadamba Miq.) DAN SENGON (Falcataria moluccana (Miq.) Barneby & J. W. Grimes)


STATUS KESEHATAN HUTAN RAKYAT JABON (Anthocephalus cadamba
Miq.) DAN SENGON (Falcataria moluccana (Miq.) Barneby & J. W. Grimes) Oleh :
Maria Natalia Desy Nahak1), Agus Prijono2), Sumardi3)

INTISARI
Jabon (Anthocephalus cadamba Miq.) dan sengon (Falcataria moluccana Miq.) merupakan jenis tanaman yang ditanam di hutan rakyat. Sebagai tanaman monokultur, jabon dan sengon sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit bahkan kerusakan karena aktivitas dari manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui status kesehatan pada pohon jabon dan sengon, mengetahui presentase jumlah tanaman yang mengalami kerusakan dan tingkat keparahan pada pohon jabon dan sengon.
Penelitian ini dilaksanakan di hutan rakyat sebagai populasi yang unit sampelnya berada di Dusun Denokan, Maguwoharjo untuk mengidentifikasi plot pohon jabon dan di Dusun Sawahan Lor, Wedomartani untuk mengidentifikasi plot pohon sengon. Metode penelitian yang digunakan yaitu sensus untuk mengetahui secara keseluruhan kondisi kesehatan pohon dan melakukan pengamatan langsung di lapangan. Parameter yang diamati berupa indikator kesehatan pohon yaitu kematian pohon, lokasi dan tipe kerusakan sehingga dapat mengetahui presentase dan tingkat keparahan pada pohon jabon dan sengon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pohon jabon terdapat pohon yang mati sebanyak 26 pohon dan dominan kerusakan sebanyak 77 pohon dikarenakan luka dengan tingkat keparahan 21,66%, berstatus sangat berat. Pada pohon sengon lebih banyak terserang karena penyakit karat puru sebanyak 60 pohon dengan tingkata keparahan sebesar 14,20% berstatus berat. Presentase jumlah tanaman yang mengalami kerusakan pada pohon jabon yaitu 70,85% dan pada pohon sengon 72,10%.

Kata kunci : Pohon jabon, pohon sengon dan kesehatan pohon

LOADING LIST...
natalianahak25@gmail.com
081337493991
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...