AYUB PRABOWO; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA (KUD) DAN PETANI KELAPA SAWIT MANDIRI (Studi Kasus di KUD Karya Sembada, Kampar, Riau)


ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PENDAPATAN PETANI KELAPA SAWIT ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA (KUD) DAN PETANI KELAPA SAWIT MANDIRI (Studi Kasus di KUD Karya Sembada, Kampar, Riau)

AYUB PRABOWO, S.P.
18/1292/MMP


INTISARI

Kelapa sawit merupakan salah satu hasil perkebunan yang banyak diminati masyarakat untuk dibudidayakan. Untuk itu maka pengelolaan perkebunan kelapa sawit perlu untuk dilakukan dengan baik. Salah satu jalan yang dapat dilakukan oadalah dengan menjadi anggota Koperasi Unit Desa (KUD). Penelitian ini dilakukan untuk menguji ada tidakkah perbedaan pendapatan antara petani yang menjadi anggota KUD dengan petani mandiri (bukan anggota KUD). Penelitian dilakukan di masyarakat Desa Batang Batindih Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar yaitu pada 82 orang anggota KUD Karya Sembada dan 89 orang petani mandiri. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan metode analisis data menggunakan Independent Samples t-Test. Hasil penelitian diketahui bahwa anggota KUD Karya Sembada memiliki pendapatan yang lebih tinggi (Rp 3.142.652,4390) jika dibandingkan pendapatan petani mandiri (Rp 2.262.112,3596). Hasil analisis Independent Samples t-Test secara signifikan membuktikan bahwa, pendapatan petani sawit anggota KUD Karya Sembada lebih besar dibandingkan pendapatan petani mandiri. Implikasi hasil penelitian ini adalah, keberadaan petani sebagai anggota KUD akan memberikan kontribusi positif dalam hal pendapatan yang lebih tinggi. KUD memiliki peranan yang penting untuk mendorong semakin tingginya pendapatan petani.

Kata kunci: Pendapatan, kelapa sawit, petani, KUD

LOADING LIST...
ayubprabowo75@gmail.com
AYUB PRABOWO - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro, MS.(P) - Personal Name
Dr. Ir. Candra Ginting. M.P. - Personal Name
081221418109
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...