Ir. Sunardi (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Perbandingan Cocoa Butter Subtitute (CBS) dengan Red Palm Oil (RPO) dan Tepung Daun Kelor Terhadap Karakteristik Selai Cokelat


PENGARUH PERBANDINGAN COCOA BUTTER SUBSTITUTE (CBS) DENGAN RED PALM OIL (RPO) DAN TEPUNG DAUN KELOR TERHADAP KARAKTERISTIK SELAI COKELAT

Siti Fatimah
17/18843/STPK

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh perbandingan CBS dengan RPO dan penambahan tepung daun kelor terhadap karakteristik selai cokelat, menentukan perbandingan CBS dengan RPO dan penambahan tepung daun kelor yang menghasilkan selai cokelat yang disukai panelis, serta menentukan selai coklat dengan kadar antioksidan tertinggi.
Penelitian dilaksanakan menggunakan Rancangan Blok Lengkap dengan 2 faktor, faktor pertama adalah perbandingan CBS dengan RPO terdiri 3 taraf yaitu A1 (4:1), A2 (3:2) dan A3 (2:3). Faktor kedua yaitu prosentasi penambahan tepung daun kelor terdiri 3 taraf yaitu B1 (0%), B2 (1,5%) dan B3 (3%). Selai yang dihasilkan dianalisis aktivitas antioksidan, angka peroksida, asam lemak bebas, kadar air, kadar abu, uji kesukaan terhadap warna, aroma, rasa dan daya oles.
Hasil penelitian menunjukkan perbandingan CBS dengan RPO dan penambahan tepung daun kelor berpengaruh nyata terhadap karakteristik selai cokelat yaitu aktivitas antioksidan, angka peroksida dan uji kesukaan rasa tetapi tidak berpengaruh terhadap asam lemak bebas, kadar air, kadar abu, kesukaan warna, aroma dan daya oles. Selai cokelat yang paling disukai berdasarkan uji kesukaan yaitu perlakuan A2B1 dengan tingkat kesukaan 6,35 (agak senang), dan selai cokelat yang memiliki aktivitas antiksidan tertinggi A3B3 sebesar 83,765%.




Kata kunci : selai cokelat, CBS, RPO, tepung daun kelor.

LOADING LIST...
sifatsitifatimah13@gmail.com
Ir. Sunardi (P) - Personal Name
Ir. Siti Achadiyah, MS - Personal Name
SITI FATIMAH (P) - Personal Name
082253764926
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...