M. Putut Wijaya; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK MINUMAN CASCARA KULIT KOPI ROBUSTA DAN ARABIKA DENGAN PENAMBAHAN BUBUK NANGKA (Artocarpus hzeterophyllus)


INTISARI

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan minuman cascara dari kulit kopi robusta, arabika dan bubuk nangka dengan perbandingan jenis kulit kopi dan persentase bubuk nangka dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kulit kopi terhadap tingkat organoleptik dan kimia minuman cascara. Pengaruh jumlah persentase bubuk nangka terhadap tingkat organoleptik dan kimia minuman cascara. Pengaruh kombinasi kedua perlakuan terhadap tingkat organoleptik dan kimia minuman cascara.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Blok Lengkap dengan dua faktor berupa jenis kulit kopi yaitu robusta dan arabika. Analisis yang dilakukan yaitu derajat keasaman (pH), kadar abu, aktivitas antioksidan, fenol, total perbedaan warna, organoleptik (warna, rasa dan aroma).
Berdasarkan analisis kimia maupun fisik cascara yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perbandingan dari kulit kopi robusta dan arabika berpengaruh pada analisis derajat keasaman, kadar abu, analisis antioksidan, analisis fenol, analisis total perbedaan warna. Untuk organoleptik berpengaruh pada aroma dan rasa. Konsentrasi penambahan bubuk nangka berpengaruh pada analisis kadar antioksidan pada perlakuan (A1B3) sebesar 67,61%. dan tidak berpengaruh terhadap analisis derajat keasaman, kadar abu, fenol, dan total perbedaan warna. Untuk organoleptik berpengaruh pada aroma dan rasa.
Kata kunci: minuman cascara, robusta, arabika, bubuk nangka.

LOADING LIST...
wijayainywe@gmail.com
083161320592
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...