Ngatirah, SP. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK DRINKING SOYGURT DENGAN VARIASI SUBSTITUSI SARI KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L) DAN JUMLAH PENAMBAHAN SARI BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus)


KARAKTERISTIK DRINKING SOYGURT DENGAN VARIASI SUBSTITUSI SARI KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L) DAN JUMLAH PENAMBAHAN SARI BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus)
Amillea ZH Ramadhani Damanik
17/18926/THP/STIPP

Intisari
Telah dilakukan penelitian tentang drinking soygurt dengan variasi substitusi sari kacang merah (Phaseolus vulgaris L) dan jumlah penambahan sari buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variasi subtitusi kacang merah dan jumlah penambahan buah naga merah terhadap pembuatan drinking soygurt, mendapatkan perbandingan variasi subtitusi kacang merah dan jumlah penambahan sari buah naga merah yang paling disukai panelis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Rancangan Blok Lengkap dengan 2 faktor dan 2 kali ulangan yaitu faktor pertama substitusi sari kacang kedelai dan sari kacang merah (v/v) (K) terdiri atas 3 taraf yaitu : K1 = 40:60, K2 = 50:50, K3 = 60:40 dan faktor kedua proporsi sari buah naga merah (S) terdiri atas 3 taraf yaitu S1 = penambahan sari buah naga merah 10%, S2 = penambahan sari buah naga merah 20%, S3 = penambahan sari buah naga merah 30%.
Perbandingan susu kacang kedelai dan susu kacang merah berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, kadar lemak, kadar protein, total asam, dan pH. Namun tidak berpengaruh terhadap uji bakteri asam laktat. Jumlah penambahan ekstrak buah naga berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, total asam, dan pH. Namun tidak berpengaruh terhadap uji bakteri asam laktat, kadar lemak, dan kadar protein. Berdasarkan uji kesukaan organoleptik, nilai kesukaan panelis tertinggi terdapat pada faktor penambahan sari buah naga merah 30% dengan skor kesukaan sebesar 5,40 (agak suka), sedangkan nilai kesukaan panelis tertinggi pada faktor substitusi sari kacang kedelai dan sari kacang merah terdapat pada Perbandingan 40:60 dengan skor kesukaan 5,24 (agak suka).

Kata kunci : drinking soygurt, kacang kedelai, kacang merah, buah naga merah.
LOADING LIST...
amillea311@gmail.com
081262511681
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...