Herawati Oktavianty, S.T., M.T; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK SABUN MANDI PADAT DARI RED PALM OIL (RPO) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH SEBAGAI ANTIBAKTERI


Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan Red Palm Oil (RPO) sebagai bahan baku sabun padat dengan penambahan ekstrak daun sirih hijau sebagai antibakteri dengam tujuan mengetahui pengaruh perbandingan red palm oil dan minyak kelapa dengan penambahan ekstrak daun sirih terhadap sifat – sifat sabun dari red palm oil dan minyak kelapa, dan mengetahui konsentrasi red palm oil dan minyak kelapa dengan penambahan ekstrak daun sirih hijau yang menghasilkan sabun padat yang disukai oleh panelis.
Penelitian ini menggunakan rancangan blok lengkap yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor yang pertama perbandingan RPO dengan minyak kelapa (15 : 45%), (30 : 30%), dan (45 : 15%) dan faktor yang kedua yaitu pengaruh penambahan ekstrak daun sirih hijau. Analisa yang di lakukukan pada penelitian ini yaitu analisis kimia dan organoleptik.
Hasil penelitian menunjukkan Perbandingan RPO dengan minyak kelapa tidak berpengaruh nyata terhadap uji kadar air, bilangan penyabunan, alkali bebas, daya busa, ph, tekstur dan warna, namun berpengaruh terhadap antibakteri , aktivitas antioksidan dan Aroma. Penambahan ekstrak daun sirih hijau tidak berpengaruh nyata terhadap uji kadar air, Daya busa, Bilangan Penyabunan, Alkali bebas, pH, aroma dan Tekstur, namun berpengaruh nyata terhadap antibakteri, aktivitas antioksidan dan warna.Berdasarkan kesukaan secara keseluruhan perlakukan yang paling di sukai panelis yaitu Perbandingan RPO dan Minyak kelapa (15:45) dengan skor 5,52 (agak suka) dan penambahan ekstrak daun sirih 35 gram dengan skor 5,69 .

LOADING LIST...
aldysitorus900@gmail.com
Herawati Oktavianty, S.T., M.T - Personal Name
Aldy Prabowo Sitorus - Personal Name
Ngatirah SP, MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKARTAA
LOADING LIST...