Ir. Siti Achadiyah, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemanfaatan Daun Salam (Eugenia Polysnths) Dalam Pembuatan Teh Herbal Dengan Penambahan Daun Mint


Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan daun salam (eugenia polysnths) dalam pembuatan teh herbal dengan penambahan bubuk daun mint, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh suhu pengeringan daun salam dan jumlah penambahan bubuk daun mint terhadap karateristik teh herbal yang belum dihasilkan, menentukan suhu pengeringan daun salam dan jumlah penambahan bubuk daun mint yang dapat menghasilkan teh herbal yang disukai panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (RPT), yang terdiri dari 2 faktor, faktor pertama merupakan petak utuh adalah suhu (T) dengan 3 taraf yaitu T1 (40oC), T2 (50oC), T3 (60oC) dan faktor kedua sebagai petak bagian adalah jumlah penambahan bubuk daun mint (K) terdiri 3 taraf yaitu K1 (2%), K2 (4%), K3 (6%). Evaluasi hasil penelitian dilakukan terhadap teh herbal yang dihasilkan, meliputi analisis kadar air, kadar abu, kadar sari seduhan, fenol, aktivitas antioksidan dan uji organoleptik (warna, aroma, dan rasa).
Hasil penelitian menunjukkan suhu pengeringan daun salam dan jumlah penambahan bubuk daun mint berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, fenol, aktivitas antioksidan, kadar sari dan berpengaruh pada uji kesukaan. Karateristik teh herbal berdasarkan analisis kimia teh herbal antara lain kadar air sebesar 1,79 – 2,31%, kadar abu sebesar 13,68 ₋ 17,55%, kadar sari seduhan sebesar 33,13 - 40,42%, fenol sebesar 0,18230 - 0,21940% dan aktivitas antioksidan sebesar 52,10 -71,25%. Suhu pengeringan daun salam dan jumlah penambahan bubuk daun mint berdasarkan organoleptik tentang tingkat kesukaan panelis terhadap teh herbal yang dihasilkan formula yang paling baik adalah formula T3K3 dengan rerata kesukaan panelis dengan skor 5,34 (agak suka) dari masing-masing kriteria penilaian berupa warna seduhan, aroma seduhan, rasa seduhan teh herbal.

LOADING LIST...
Ariffibrianto99@gmail.com
Ir. Siti Achadiyah, MS - Personal Name
ARIF FIBRIANTO - Personal Name
Herawati Oktavianty, ST.MT - Personal Name
081277718828
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...