Herawati Oktavianty S.T.,M.T; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN SABUN AROMATERAPI DARI MINYAK GORENG BEKAS (WASTE VEGETABLE OIL) DENGAN PENAMBAHAN MINYAK NILAM (Pogostemon cablin Benth)


INTISARI
Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan sabun aromaterapi dari minyak goreng bekas (waste vegetable oil) dengan penambahan minyak nilam (pogostemon cablin benth) dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh jenis minyak jelantah terhadap sabun aromaterapi, untuk mengetahui konsentrasi minyak nilam terhadap sifat sabun aromaterapi, untuk mengetahui perlakuan jenis minyak jelantah dan perlakuan minyak nilam yang terbaik terhadap sabun aromaterapi.
Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Blok Lengkap dengan 2 faktor dan 2 kali ulangan yaitu faktor pertama jenis minyak jelantah (A) terdiri atas 3 taraf yaitu : A1 = minyak goreng bekas (pecel lele), A2 = minyak goreng bekas (donat), A3 = minyak goreng bekas (gorengan) dan faktor kedua konsentrasi minyak atsiri nilam (B) terdiri atas 3 taraf yaitu B1 = penambahan minyak nilam 1%, B2 = penambahan minyak nilam 2%, B3 = penambahan minyak nilam 3%.
Hasil pengujian organoleptik menunjukkan bahwa jenis minyak jelantah dengan penambahan minyak yang paling disukai oleh panelis pada sabun aromaterapi yaitu perlakuan A3B3 yakni dengan hasil rerata dari warna, aroma, dan tekstur 4,34 (suka), dengan hasil nilai pH (9,87), kadar air (1,23%), ALB (1,91%), alkali bebas (0,05%), dan lemak tak tersabunkan (0,49 meq). Jenis minyak goreng bekas berpengaruh terhadap nilai pH, ALB, lemak tak tersabunkan, aktivitas antibakteri dan tidak berpengaruh terhadap alkali bebas, tinggi busa, dan bilangan penyabunan sabun aromaterapi. Konsentrasi minyak nilam berpengaruh terhadap aroma dan tidak berpengaruh terhadap pH, tinggi busa, kadar air, alkali, ALB, bilangan penyabunan, lemak tak tersabunkan, aktivitas antibakteri sabun aromaterapi. Perlu adanya penambahan warna agar meningkatkan kesukaan panelis terhadap sabun.

Kata kunci : Sabun aromaterapi, minyak goreng bekas, minyak atsiri nilam.


LOADING LIST...
elisabetnovianti325@gmail.com
082252686165
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...