Nico Demus Sinuhaji; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Metode Penyulingan dan Lama Penjemuran Nilam Terhadap Rendemen Dan Kualitas Minyak Nilam (Patchouli oil)


Mutu minyak asiri yang tinggi, stabil, dan konsisten memudahkan dalam membuat formulasi minyak asiri tersebut dalam suatu industri pengolahan.Permasalahan yang dihadapi Indonesia di dalam pengembangan minyak asiri sangat kompleks yaitu pengadaan bahan baku, penanganan pasca panen, proses produksi, tata niaga, dan bentuk pengusahaan. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh metode penyulingan, lama penjemuran dan interaksi antara metode penyulingan dengan lama pengeringan terhadap rendemen, berat jenis, dan patchouli alcohol minyak nilam.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial, yaitu terdiri dari dua faktor perlakuan yaitu metode penyulingan dan lama penjemuran. Data dianalisis dengan analisis varians, data hasil analisis varians yang menunjukkan beda nyata diuji lebih lanjut dengan uji LSD. Parameter yang diamati adalah warna, berat jenis, rendemen dan patchouli alcohol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna yang dihasilkan sesuai dengan SNI 06-2385- 2006 J. Pada berat jenis hasil uji analisis varians diketahui bahwa faktor lama penjemuran bahan baku berbeda nyata terhadap berat jenis minyak nilam.Selanjutnya dilakukan uji LSD didapatkan bahwa perlakuan lama penjemuran lama penjemuran 4 hari berbeda nyata dengan perlakuan lama penjemuran 5 hari dan 6 hari, sedangkan perlakuan lama penjemuran 5 hari tidak berbeda nyata denagn lama penjemuran 6 hari.Pada hasil uji analisis varians diketahui bahwa faktor metode penyulingan dan lama penjemuran bahan baku memberikan pengaruh yang sangat berbeda nyata terhadap rendemen minyak nilam. Tidak ada interaksi antara kedua perlakuan terhadap rendemen minyak nilam. Selanjutnya dilakukan uji LSD didapatkan bahwa lama penjemuran 4 hari berbeda nyata dengan lama penjemuran 5 hari dan 6 hari, perlakuaan lama penjemuran 5 hari bebrbeda nyata terhadap lama penjemuran 6 hari terhadap minyak nilam.
Pada patchouli alcohol hasil uji analisis varians diketahui bahwa perlakuan lama penjemuran memberikan pengaruh sangat nyata terhadap patcholi Alcohol. Sedangkan metode penyulingan memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap patcholi alcohol.terdapat interaksi antara kedua faktor perlakuan terhadap patcholi alcohol.Selanjutnya dilakukan uji LSD didapatkan bahwa metode uap dan lama penjemuran 6 hari berbeda nyata dengan lama penjemuran 5 hari dan 4 hari dan pada metode kukus dan lama lama penjemuran 6 hari berbeda nyata dengan lama penjemuran 5 hari dan 4 hari.

LOADING LIST...
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...