Didik Surya Hadi, S. Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGEMBANGAN EKOWISATA KAWASAN HUTAN KALIBIRU DENGAN SKEMA HUTAN KEMASYARAKATAN


Subadra (2008), menyatakan bahwa ekowisata adalah bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan, mensejahteraan penduduk setempat dan bersifat informatif serta partisipatif dengan menitikberatkan pada tiga hal yaitu keberlangsungan alam (ekologi), memberikan manfaat ekonomi dan secara psikologi dapat diterima dalam kehidupan social masyarakat.
Hutan Kemasyarakatan adalah kebijakan pemerintah dalam pemberian hak kelola hutan Negara kepada masyarakat HKm adalah pola-pola yang tersusun secara teratur dari kelompok-kelompok dengan berbasis pada manajemen moderen. Model-model pengelolaan secara kelompok ini tidak dikenal oleh masyarakat dalam sejarah pengelolaan hutan. Peraturan menteri kehutanan republik Indonesia Nomor : P.88/Menhut-II/2014 pasal 1 tentang ketentuan umum hutan kemasyarakatan, sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk menjamin kelestarian kawasan hutan yang digunakan sebagai lahan pembangunan ekowisata. Oleh karena itu, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Untuk pengambilan sampel digunakan pengambilan sampel berdasarkan Sugiono 2014. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif dan untuk analisis bagi presepsi pengunjung dan pengelola dengan metode analisis SWOT.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah, pengembangan ekowisata Kalibiru dengan skema HKm berjalan dengan baik. Dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa faktor-faktor seperti internal dan eksternal yang berupa kekuatan dan peluang mendapatkan nilai lebih besar dari pada nilai dari kelemahan dan ancaman.

Kata Kunci : Pengunjung, Pengelolaan, Ekowisata

LOADING LIST...
arifsugiarta8@gmail.com
Didik Surya Hadi, S. Hut, MP - Personal Name
ARIF SUGIARTA - Personal Name
M.Darul Falah, S. Hut, MP - Personal Name
085942922106
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...