Dr. Dimas Deworo Puruhito, SP, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Perlindungan Lahan Pertanian Di Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (Timur)


KAJIAN PERLINDUNGAN LAHAN PERTANIAN
DI KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ULU (TIMUR)

INTISARI
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui implementasi kebijakan perlindungan lahan pertanian berkelanjutan di Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten Oku Timur serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten Oku Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive sampling dan metode penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, pencatatan/pendataan dan observasi. Dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 45 orang petani padi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi kebijakan perlindungan lahan pertanian berkelanjutan di Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur belum dilaksanakan secara menyeluruh. Berdasarkan seluruh ruang lingkup yang ada hanya 3 aspek atau ruang lingkup yang telah dilakukan, yaitu perencanaan dan penetapan, penelitian serta pembiayaan. Pada aspek perencanaan dan penetapan belum dilakukan secara optimal karena penetapan atau implementasi Kebijakan LP2B ke dalam RTRW Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur belum dilaksanakan. Aspek yang telah dilaksanakan pada ruang lingkup perencanaan adalah melakukan inventarisasi, identifikasi dan penelitian di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Perencanaan melibatkan ruang lingkup penelitian dan pembiayaan. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap implementasi adalah sosialisasi (X1), dana (X3), dan lahan lahan (X8), sedangkan faktor petugas (X2), tingkat pendidikan(X6), dan usia (X7), menunjukkan hasil yang tidak signifikan atau tidak berpengaruh nyata terhadap implementasi kebijakan perlindungan lahan pertanian.


Kata kunci: Kajian Perlindungan Lahan Pertanian





LOADING LIST...
Andryprayoga16@gmail.com
Dr. Dimas Deworo Puruhito, SP, MP (P) - Personal Name
Dr. Ir. Purwadi, MS - Personal Name
Andry Prayogo - Personal Name
085841182916
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...