Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH ABU JANJANG KOSONG KELAPA SAWIT SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN APLIKASI LCPKS TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT Mucuna bracteata


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara abu janjang kosong kelapa sawit dengan LCPKS, mengetahui pengaruh abu janjang kosong kelapa sawit dan LCPKS. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 10 September 2020 hingga 23 November 2020 di Kebun Bukit Perak Estate PT. Bumi Permai Lestari, Dendang, Kelapa, Bangka Barat, Bangka Belitung.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan pola faktorial yang terdiri dari dua faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama abu janjang kosong kelapa sawit sebagai campuran media tanam yang tersusun atas 4 taraf, yaitu : kontrol , 250 gram, 300 gram, dan 350 gram. Faktor kedua limbah cair pabrik kelapa sawit yang terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol, 250 ml, 300 ml, dan 350 ml. Sehingga diperolah 4 x 4 = 16 kombinasi dan diadakan sebanyak 5 ulangan dari setiap kombinasi. Sehingga diperoleh 16 x 5 = 80 satuan percobaan.
Dari penelitian yang telah dilaksanakann memperoleh hasil yang menunjukan adanya interaksi nyata antara kedua faktor penelitian pada parameter panjang sulur dan panjang akar tanaman. Pada setiap parameter pengamatan pengaruh abu janjang kosong kelapa sawit sebagai campuran media tanam terhadap pertumbuhan bibit Mucuna bracteata menunjukan pengaruh nyata. Kombinasi perlakuan abu janjang kosong kelapa sawit dosis 300gram dan aplikasi LCPKS dosis 300ml memberikan pengaruh yang lebih baik daripada kombinasi perlakuan abu janjang kosong kelapa sawit dosis 350gram dan aplikasi LCPKS 350ml pada parameter panjang sulur dan panjang akar, dan sama baik pada parameter jumlah ruas, jumlah bintil akar efektif, berat segar dan berat kering tanaman.
LOADING LIST...
mbagusekabahari@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
Yogyajarta
LOADING LIST...