Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh curah hujan dan pemupukan terhadap pertumbuhan dan produksi kelapa sawit.Penelitian dilaksanakan di PT.Bakrie Sumatera Plantations ,Tbk Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara pada bulan Maret 2021 sampai April 2021.
Penelitian menggunakan data primer dan data sekunder, macam data primer yang diperlukan meliputi karakteristik agronomi tanaman,sedangkan data sekunder yang diperlukan meliputi data curah hujan 10 tahun terakhir,data pemupukan 10 tahun terakhir,data produksi 10 tahun terakhir,data berat janjang rata-rata 10 tahun terakhir dan data jumlah janjang 10 tahun terakhir.teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji regresi linier berganda.Dalam penelitian variabel bebas meliputi jumlah curah hujan dan jumlah penggunaan pupuk, sedangkan variabel tidak bebasnya yaitu jumlah produksi TBS.
Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Curah hujan dan pemupukan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap produksi kelapa sawit (lag 0 dan lag 1). Curah hujan berpengaruh signifikan terhadap produksi kelapa sawit (lag 0), dan setiap peningkatan curah hujan akan diikuti peningkatan produksi kelapa sawit atau sebaliknya. Pemupukan berpengaruh signifikan terhadap produksi kelapa sawit (lag 0 dan lag 1), dan setiap penambahan nilai pemupukan akan diikuti oleh peningkatan produksi kelapa sawit atau sebaliknya.

Kata kunci : curah hujan, pemupukan,dan produksi.

LOADING LIST...
rudiantosiahaan5@gmail.com
085290392309
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...