Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI ZAT PENGATUR TUMBUH NAA (Napthalene acetic acid) DAN IBA (Indole butiric acid) UNTUK MENGENDALIKAN LAYU BUAH MUDA (cherelle wilt) PADA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui efektifitas NAA dan IBA untuk meningkatkan pembentukan buah dan penurunan tingkat layu buah muda pada tanaman kakao. Penelitian ini dilaksanakan dikebun kelompok tani sidodadi pada bulan Februari sampai bulan April 2021. Bertempat di Padukuhan Gumawang, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.
Penelitian disusun dengan menggunakan rancangan one way anova. Hormon tumbuh tanaman yang digunakan terdiri dari 2 macam yaitu: NAA. (Napthalene acetic acid) dan IBA (Indole butiric acid). Perlakuaan yang dilakukan yaitu pemberian hormone NAA, IBA dan Tanpa hormone (Kontrol) dengan masing masing perlakuaan 3 ulangan perulangan Jadi, 3x3= 9 sampel pohon. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan Aplikasi NAA dan IBA tidak ada beda nya artinya tidak dapat menurunkan jumlah buah muda layu dan mempertahankan jumlah buah sehat. Pemberian zat pengatur tumbuh NAA memiliki rata-rata buah layu yang rendah di banding dengan perlakuan lain nya dan jumlah buah sehat yang lebih banyak. Aplikasi NAA dan IBA dengan konsentrasi 250 ppm kurang efektif untuk menurunkan layu buah (cherelle wilt).

LOADING LIST...
nuroktavia712@gmail.com
081393879623
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...