HASTANTO BOWO W.,S.Hut.MP(P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Potensi Stok Karbon di Kelompok Tani Hutan Ngudi Makmur Desa purwobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman


STUDY POTENSI STOK KARBON DI KELOMPOK TANI HUTAN NGUDI MAKMUR DESA PURWOBINANGUN KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN

Rinaldo Umbu Neka Djarawoliˡ, Hastanto Bowo Woesono², Yuslinawari²
ˡMahasiswa Fakultas Kehutanan INSTIPER
²Dosen Fakultas Kehutanan INSTIPER
INTISARI
Perubahan iklim merupakan salah satu masalah yang belum bisa diatasi sampai sekarang ini. Beberapa aktivitas manusia juga ikut membantu dalam memperburuk masalah ini, seperti emisi kendaraan bermotor, kebakaran hutan dan aktivitas industri yang menggunakan bahan bakar fosil sebagai sumber bahan utama karbondioksida (CO₂). Gas ini merupakan salah satu gas rumah kaca yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap perubahan iklim (Depertemen Kehutanan, 1992). Salah satu cara untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim ialah dengan cara mengurangi emisi karbon dengan mempertahankan cadangan karbon yang sudah ada.
Tumbuhan merupakan penyimpan cadangan karbon yang berfungsi mengurangi konsentrasi CO₂ di atmosfer. Melalui proses fotosintesis, CO₂ diserap dan diubah oleh tumbuhan menjadi karbon organik dalam bentuk biomassa. Biomassa merupakan suatu bentuk hasil penyerapan energi yang dapat dikonversi dari bentuk karbon, cabang, ranting, daun, bunga dan buah (Murdiyarso, dkk., 2004).
Hutan rakyat ialah hutan yang terdapat diatas tanah yang dibebani ha katas tanah seperti hak milik, hak guna usahan dan hak pakai (UU RI No.41 tahun 1999). Mengelolah hutan rakyat merupakan usaha tani berbasis hutan dengan hasil komoditas tanaman kehutanan (pepohonan/kayu) dan tanaman pertanian (semusim/non-kayu) yang akan membentuk pola tanam yang khas, berbentuk tajuk yang berlapis-lapis dengan tingkat keragaman yang tinggi.

Kata Kunci: Perubahan Iklim; Karbon; Hutan Rakyat

LOADING LIST...
aldolairikaumaai@gmail.com
HASTANTO BOWO W.,S.Hut.MP(P) - Personal Name
Yuslinawari, S.Hut, M.Sc - Personal Name
18426 - Personal Name
Rinaldo Umbu Neka Djarawoli - Personal Name
082236426423
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...