M. Darul Falah, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN HUTAN MANGROVE DI PESISIR PANTAI KOTA KUPANG


Menurut Macnae (1968), mangrove berasal dari Bahasa Portugis mangue dan Bahasa Inggris grove. Selanjutnya, menurut Tomlinson (1986) dan Wightman (1989), mangrove adalah tumbuhan yang terdapat di daerah pasang surut maupun sebagai komunitas. Ekosistem mangrove mempunyai peran ganda yaitu sebagai pemelihara ekosistem daratan dan lautan baik secara fisik maupun biologis.
Hutan mangrove yang berada di sepanjang pesisir Pantai Kota Kupang tidak terpisahkan dengan keberadaan Teluk Kupang yang merupakan salah satu kawasan yang memiliki ekosistem mangrove yang di dalamnya terdapat kawasan Taman Wisata Alam Laut (TWAL), sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk menjamin kelestarian kawasan dan ekosistem mangrove. Untuk itu perlu rumusan masalah yang mempertanyakan bagaimana peran masyarakat pesisir Pantai Kota Kupang dalam pengelolaan hutan mangrove. Oleh karena itu, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Untuk pengambilan sampel digunakan pengambilan sampel berdasarkan Arikunto 2010 dan menurut Sugiono 2014. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif dan untuk analisis bagi presepsi masyarakat dengan metode analisis likert.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah masyarakat lokasi Wisata Mangrove, Paradiso dan Oesapa memiliki peran yang positif terhadap pengelolaan hutan mangrove di pesisir Pantai Kota Kupang karena atas kesadaran mereka sendiri mereka melibatkan diri dalam pengelolaan.



Kata Kunci : Masyarakat, Pengelolaan, Mangrove

LOADING LIST...
Wandasebyl7@gmail.com
M. Darul Falah, S.Hut, MP - Personal Name
Dr. Ir. Rawana, MP (P) - Personal Name
Wanda Sebyl - Personal Name
081334417620
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...