Ngatirah, SP. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Penambahan Monolaurin Pada Tablet Effervescent Sinbiotik Dari Iles-Iles (Amorphopallus oncophyllus)


Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penambahan monolaurin pada tablet effervescent sinbiotik dari iles-iles (Amorphopallus oncophyllus). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan monolaurin terhadap tablet effervescent sinbiotik dari umbi iles-iles dan menentukan jumlah penambahan monolaurin yang menghasilkan tablet effervescent sinbiotik dari umbi iles-iles yang disukai panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Sederhana (RAS) yang terdiri dari 1 faktor yaitu jumlah penambahan monolaurin yang terdiri dari 5 taraf yaitu A (0%), B (1%), C (2%), D (3%), dan E (4%.) Analisis yang dilakukan yaitu pengujian pH seduhan tablet, kadar air, keseragaman bobot, pengujian warna seduhan tablet, jumlah mikrobia yang aktif, pengujian kerapuhan tablet, waktu luruh, dan organoleptik (warna, aroma, dan rasa).
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penambahan monolaurin berpengaruh sangat nyata terhadap pH, warna seduhan tablet (L) dan (b), kesukaan warna seduhan tablet, kesukaan aroma pada tablet dan jumlah bakteri L.casei pada tablet Effervescent, serta berpengaruh nyata terhadap keseragaman bobot dan waktu luruh. Akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air, warna seduhan tablet (a), kerapuhan tablet, kesukaan aroma dan rasa seduhan tablet effervescent, serta kesukaan warna dari tablet effervescent yang dihasilkan. Berdasarkan analisis kesukaan tablet effervescent sinbiotik dihasilkan formula yang paling disukai adalah formula D dengan penambahan monolaurin 6% serta rerata skor kesukaan 3,53 (Suka) dengan didukung sifat fisik dan kimia antara lain pH senilai 4,37, kadar air 7,30%, keseragaman bobot 2,7269 gram, warna seduhan tablet (L) 24,83, warna seduhan tablet (a) 7,88, warna seduhan tablet (b) 2,84, jumlah bakteri L.casei 9,4 x 107 CFU/gr, kerapuhan 3,265%, serta waktu luruh 3,14 menit.

LOADING LIST...
ardiyantodevid@gmail.com
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
Ir. Sunardi, MSi - Personal Name
DEVID ARDIYANTO - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...