Ngatirah, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN PERMEN JAHE DENGAN VARIASI KONSENTRASI EKSTRAK JAHE


Penelitian tentang permen lunak ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi ekstrak jahe terhadap karakteristik permen lunak yang dihasilkan serta menentukan berapa banyak variasi konsentrasi ekstrak jahe yang bisa diterima oleh konsumen.
Penelitian dilakukan dengan Rancangan Acak Sempurna (RAS) dengan satu faktor enam taraf. Faktor variasi konsentrasi ekstrak jahe terdiri dari A (5%), B (10%), C (15%), D (20%), E (25%), dan F (30%). Analisis yang digunakan untuk mengetahui sifat kimia terhadap karakteristik permen lunak meliputi kadar air, kadar abu. Uji organoleptik permen lunak dengan panelis meliputi warna, aroma, daya oles, dan rasa. Uji sifat fisik kekenyalan dan warna.
Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi konsentrasi ekstrak jahe pada permen lunak berpengaruh terhadap pada kadar air dan kadar abu, tetapi tidak berpengaruh tehadap tingkat kesukaan warna, aroma, tekstur, rasa, sifat fisik kekerasan dan warna. Variasi konsentrasi ekstrak jahe menghasilkan permen lunak yang paling disukai yakni pada perlakuan E (konsentrasi ekstrak 25 %) dengan skor 5 yang berarti agak suka, memiliki kadar air 4,1248 %, kadar abu 0,3609 %, sifat fisik kekerasan 107,8 gf, sifat fisik warna.
LOADING LIST...
cobakaja21@gmail.com
Ngatirah, SP., MP. (P) - Personal Name
Ir. Sunardi, M.Si - Personal Name
Muhammad - Personal Name
08976203871
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...