Ir. Sunardi, M.Si (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Karakteristik Flakes dari Tepung Sorgum, Tepung Maizena dan Tepung Kacang Merah


Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan flakes dari tepung sorgum, tepung maizena dan tepung kacang merah dengan presentasi perbandingan tepung sorgum : tepung maizena : tepung kacang merah dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung sorgum, tepung maizena dan teepung kacang merah terhadap karakteristik fisik dan kimia flakes. Menentukan perbandingan tepung sorgum, tepung maizena dan tepung kacang merah yang menghasilkan flakes yang paling disukai oleh panelis.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak sempurna dengan satu faktor berupa presentase perbandingan yaitu tepung sorgum, tepung maizena dan tepung kacang merah. Analisis yang dilakukan yaitu kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar protein, kadar serat kasar, kadar karbohidrat, pengujian tekstur, pengujian ketahanan renyah, dan organoleptik (warna, rasa dan tekstur).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk flakes denganPerbandingan tepung sorgum : tepung maizena : tepung kacang merah berpengaruh nyata terhadap analisa kimia (kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat dan kadar serat kasar), analisis fisik (pengujian tekstur dan ketahanan renyah). Untuk uji organoleptik rasa berpengaruh nyata dan uji organoleptik warna, tekstur tidak berpengaruh nyata. flakes yang disukai oleh panelis pada perlakuan E dengan kosentrasi perbandingan tepung sorgum : tepung maizena : tepung kacang merah (30% : 40% : 30%).


LOADING LIST...
llilin374@gmail.com
Ir. Sunardi, M.Si (P) - Personal Name
Reza Widyasaputra, S.TP., M.Si (P)) - Personal Name
LILI NURYANTI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...