HERU SUPSRIANTO; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI PEMBUATAN SANTAN BUBUK DARI KERNEL KELAPA SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN PENGERING SEMPROT (SPRAY DRYING)


Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan studi pembuatan santan bubuk dari kernel kelapa sawit dengan menggunakan pengering semprot dengan perbandingan berat kernel : banyaknya volume air dan perbedaan konsentrasi maltodekstrin. Memiliki tujuan untuk menghasilkan santan bubuk dari kernel kelapa sawit yang memiliki umur simpan yang tahan lama.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap dua faktor. Faktor pertama yaitu variasi perbandingan berat kernel : banyaknya volume air Faktor I yaitu A1 (1 : 2) = 100 g karnel : 200 ml air A2 (1 : 3) = 100 g karnel : 300 ml air A3 (1 : 5 ) = 100 g karnel : 500 ml air, dan fakor kedua perbedaan konsentrasi maltodekstrin faktor II yaitu B1 = 2% (b⁄v, B2 = 4% (b⁄v), B3 = 6% (b⁄v) analisis yang dilakukan yaitu uji hedonik, kadar air, kadar asam lemakbebas (ALB), kadar protein, kadar lemak, dan waktu larut.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perbadingan kernel dan air berpengaruh terhadap warna dan waktu larut santan bubuk dari inti kelapa sawit namun tidak perbengaruh terhadap aroma santan bubuk, terhadap kadar air, kadar asam lemak bebas, kadar protein, dan kadar lemak. Penambahan maltodekstrin berpengaruh terhadap waktu larut santan bubuk dari inti kelapa sawit namun tidak berpengaruh terhadap aroma, warna, terhadap kadar air, kadar asam lemak bebas, kadar protein, dan kadar lemak. Rendemen santan bubuk tertingi diperoleh pada peralakuan 1:5 dengan redemen sebesar 4,11% dan jumlah maltodekstrin 6% dengan rendemen sebesar 3,82%.

LOADING LIST...
herukalbardayak@gmail.com
HERU SUPSRIANTO - Personal Name
Ngatirah SP, MP. - Personal Name
Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Partha MS. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKATA
LOADING LIST...