Erick Firmansyah, SP. M. Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS KELAPA SAWIT PADA TOPOGRAFI YANG BERBEDA


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai topografi yaitu, datar dan bergelombang terhadap perkembangan pertumbuhan vegetative dan produktivitas tanaman kelapa sawit ini telah dilaksanakan pada pada tanggal 25 Januari 2021 sampai dengan 1 Februari 2021 di di PT. Bakrie Sumatera Plantation yang terletak Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara
Penelitian ini merupakan analisis Uji T sampel tidak berpasangan yang bertujuan untuk membandingkan 2 sampel yang tidak saling berpasangan dengan membandingkan pertumbuhan vegetative dan generative tanaman kelapa sawit TM muda (tahun tanam 2014) dan TM tua (tahun tanam 1999) yang tumbuh pada topografi datar dan bergelombang.
Hasil penelitian menunjukkan produktifitas TBS kelapa sawit TM muda (tahun tanam 2014) pada lahan datar sebesar 10,9 ton/ha/tahun, pada lahan bergelombang 8,22 ton/ha/tahun, sedangkan Produktifitas TBS kelapa sawit TM tua (tahun tanam 1999) pada lahan datar sebesar 14,88 ton/ha/tahun, pada lahan bergelombang 14,25 ton/ha/tahun. Pada tinggi tanaman kelapa sawit TM muda terdapat beda nyata signifikan, tanaman pada lahan datar pertumbuhan tingginya lebih tinggi dibandingkan tanaman pada lahan bergelombang. Pada TM tua terdapat beda nyata yang signifikan pada jumlah bunga jantan dan jumlah buah hitam, tanaman pada lahan datar menghasilkan lebih banya bunga jantan dna buah hitam dibandingkan tanaman pada lahan bergelombang.
LOADING LIST...
iqbalsiraitmuhammad@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...