Dina Mardhatilah, STP. MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISASI MINUMAN CASCARA DENGAN VARIASI METODE PENGERINGAN DENGAN PENAMBAHAN SERBUK DAUN STEVIA


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh metode pengeringan cascara terhadap aroma, warna, dan rasa, Menentukan jumlah penambahan bubuk stevia sebagai pemanis sehingga menghasilkan minuman cascara yang disukai.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan blok lengkap dua faktor yaitu metode pengeringan dengan variasi penambahan bubuk daun stevia. Faktor A yaitu metode pengeringan terditi dari 2 taraf yaitu A1 = Sinar matahari dan A2= Oven dan faktor B yaitu penambahan bubuk daun stevia terdiri 4 taraf yaitu B1 = 10% B2= 15% B3 = 20% B4=25% Analisis yang dilakukan yaitu Aktivas Antioksidan, Gula Reduksi, kadar Phenol, Total Asam dan Uji Organoleptik (Warna, Aroma, Rasa).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahwa metode pengeringan berpengaruh terhadap aktivitas Antioksidan dan Gula reduksi, tetapi tidak berpengaruh pada Total Asam dan kadar Phenol. Pada uji Organoleptik (rasa), tetapi tidak berpengaruh nyata pada uji Organoleptik (Aroma dan Warna). Sedangkan penambahan bubuk daun stevia berpengaruh nyata terhadap Aktivitas antioksidan dan Total Asam, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap Gula Reduksi dan kadar Phenol. Pada Uji Organolepetik berpengaruh nyata terhadap (warna dan aroma), tetapi tidak berpengaruh nyata pada (Rasa) Berdasarkan uji kesukaan Organoleptik, perlakuan yang paling disukai oleh panelis yaitu A2B4 (A2 = Oven dan B4 = Penambahan bubuk daun stevia = 25%

LOADING LIST...
timotiusvictory97@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...