M.Virgy Agdafariq; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK NPK PADA MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN Eucalyptus pellita DI BASERAH CENTRAL NURSERY PT. RAPP


PT. RAPP adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan hutan tanaman industri. PT. RAPP memiliki 2 spesies utama yang menjadi bahan tanam di hutan pengelolaannya, yaitu : Acacia sp, dan Eucalyptus sp. Bahan tanam yang digunakan di lahan penanaman PT. RAPP menggunakan bibit yang berkualitas dan bermutu baik. Untuk menghasilkan bibit yang memiliki mutu baik maka kegiatan pengelolaan dipersemaian sangatlah penting. Salah satu jenis kegitaan dalam persemaian yang menjadi bagian penting adalah pemupukan semai. Pupuk NPK merupakan salah satu jenis pupuk komersil yang banyak dijual di pasaran yang mampu memberikan nilai N,P, dan K yang cukup untuk memenuh unsur hara. Pupuk NPK osmocote termasuk dalam jenis pupuk slow release, melepaskan kandungan hara yang ada di dalam butiran pupuk dalam rentan waktu tertentu, hal ini dikarenakan adanya coating polymer pada bagian luar butiran pupuk.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pemupukan NPK terhadap pertumbuhan semai Eucalyptus pellita. Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktor tunggal dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati dan mengukur sample percobaan. Parameter yang diamati meliputi : tinggi, diameter dan persentase kemampuan berakar.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan dosis pupuk NPK berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi semai. Namun, penambahan dosis pupuk NPK tidak pberpengaruh nyata terhadap pertumbuhan diameter dan persentase kemampuan berakar

LOADING LIST...
mvirgyagdafariq23@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...