Ir. Siman Suwadji, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Faktor Penyumbang Residual Wood Terbesar pada Sistem Harvesting Semi Mekanis di PT. RAPP


Kegiatan pemanenan hutan tanaman di indonesia sudah berlangsung hingga saat ini, namun prosesnya belum optimal. Kayu sisa yang dihasilkan masih belum mendapatkan perhatian lebih dari pihak perusahaan. Tujuan penelitian ini mendapatkan informasi tentang penyebab penyumbang terbesar sisa kayu hasil tebangan berdasarkan ukuran, sebagai informasi terhadap efektivitas sistem penebangan yang dilakukan dan upaya mengurangi Residual Wood.
Penelitian menggunakan data primer melalui perhitungan volume sisa kayu tertinggal di perusahaan PT. Riau Andalan Pulp and Paper. Pnelitian menggunakan 8 kelompok berupa kompartemen dan 3 parameter berupa Merchantable Wood, Waste Wood, dan Stump (tunggul). Analisis varians menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan uji Least Significant Difference dengan membandingkan rata-rata dari Merchantable Wood, Waste Wood, dan Stump (tunggul).
Hasil Residual Wood Assessment di setiap Felling Coupe dinyatakan lulus semua, dengan nilai RWA yang masih dibawah standard.. Penyumbang terbesar Residual Wood adalah Merchantable Wood dengan persentase sebesar 80% dari nilai total Residual Wood. Faktor yang mempengaruhi adanya Residual Wood, yaitu faktor Metode dan Topografi. Faktor yang mempengaruhi adanya Residual Wood, yaitu faktor Metode dan Topografi.

LOADING LIST...
cool.andre1812@gmail.com
Ir. Siman Suwadji, MP - Personal Name
Andrean Salim - Personal Name
Ir. Sushardi S.Kh, MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
Yogyarta
LOADING LIST...