Ir. Sunardi M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH WAKTU GLISEROLISIS ENZIMATIK MINYAK INTI SAWIT TERHADAP KOMPOSISI MDAG (MONODIASILGLISEROL)


PENGARUH WAKTU GLISEROLISIS ENZIMATIK MINYAK INTI SAWIT TERHADAP KOMPOSISI MDAG (MONODIASILGLISEROL)
Romi Siroj1), Ngatirah, S.P., M.P.2), Ir. Sunardi M.Si 2)
1)Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
2)Dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
Email : 1)Rumi.assiraj@gmail.com, 2) thp_Instiper_jogja@yahoo.co.id
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh waktu gliserolisis enzimatik minyak pko terhadap komposisi MDAG dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh waktu gliserolisis enzimatik terhadap komposisi MDAG.dan gugus fungsi dan identifikasi senyawa. Penilitian ini menggunakan reaksi gliserolisis enzimatik dengan katalis enzim lipase.
Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Sederhana (RAS) dengan satu Faktor. Faktornya Faktornya yaitu Variasi lama waktu gliserolisis , dengan delapan taraf yaitu : A=(3 jam), B=(6 jam), C= (9 jam), D= (12 jam), E= (15 jam), F= (18 jam), G= (21 jam), dan H= (24 jam)
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Waktu gliserolisis enzimatik berpengaruh nyata terhadap komposisi MAG, DAG dan TAG. Makin lama waktu gliserolisis enzimatik maka komposisi MAG semakin meningkat, sedangkan semakin lama waktu gliserolisis enzimatik maka semakin menurun komposisi Trigliserida. Dan Digliserida Hasil analisis FTIR hasil gliserolisis identik dengan monolaurin standar. Hasil identifikasi dari spectrum massa 13C-NMR hasil utama sintesis adalah monolaurin karena pada 13C NMR jumlah carbon yang bisa diedentifikasi berjumlah 15 sesuai dengan senyawa monolaurin itu sendiri yaitu C15H30O4. Penjelasan 13C NMR ini juga diperkuat dengan munnculnya puncakdi sekitaran 200-220 ppm yang berarti terdapat gugus keton dan terdapat ikatan rangkap pada kisaran 100-160 ppm. Sedangkan hasil spectrum massa 1H-NMR dapat disimpulkan bahwa senyawa tersebut adalah monolaurin karena terlihat puncak pada spectrum sebanyak 30.








Kata kunci :MDAG, Gliserolisis, enzim lipase, minyak inti sawit

LOADING LIST...
rumi.assiraj@gmail.com
Ir. Sunardi M.Si - Personal Name
Romi Siroj - Personal Name
Ngatirah, S.P., M.P.) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...