Ir.Sugeng Wahyudiono.MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS VEGATASI RIPARIAN SUB DAS PUSUR BERDASAR METODE NDVI CITRA SATELIT 8 OLI


Analisis vegetasi ialah suatu langkah untuk mengetahui susunan atau komposisi jenis dan struktur dari vegetasi. Sebagai kebutuhan informasi deskripsi komunitas tumbuhan diperlukan minimal 3 parameter yaitu kerapatan, frekuensi, dan dominansi, guna menentukan indeks nilai penting (INP) vegetasi.
Pengambilan data dilakukan dengan teknik penginderaan jauh teknologi citra satelit landsat 8 dengan metode Normalized Difference Vegetation Index (NDVI) serta kombinasi dengan menerapkan metode Stratified Random Sampling pada plot pengamatan di lapangan. Ukuran plot yang digunakan yaitu 20 m x 20 m untuk tingkat pohon, 10 m x 10 m untuk tingkat tiang, 5 m x 5 m untuk tingkat sapihan dan 2 m x 2 m untuk tingkat semai.
Penelitian menunjukkan nilai NDVI yang terbagi menjadi 3 kelas kerapatan vegetasi dengan nilai sebaran kerapatan vegetasi tinggi 0,885, Sedang diantara 0,32 – 0,42, dan rendah 0,019 terdapat 599 spesies dari 28 jenis spesies yang terggolong ke dalam 16 macam famili penyusun vegetasi riparian yang tersebar dari bagian hulu hingga hilir Sub DAS Pusur yang terdiri dari tingkat hidup semai hingga pohon. Nilai dominansi pada tingkat hidup pohon tertinggi yaitu jenis mahoni dengan INP sebesar 68,68%. Tingkat hidup tiang INP tertinggi adalah jenis jati dengan nilai sebesar 105,72%. Tingkat hidup sapihan INP tertinggi pada jenis mahoni dengan nilai sebesar 109,38%. Sedangkan, pada tingkat hidup semai INP tertinggi adalah jenis jati dan mahoni dengan nilai sebesar 58,33%. Pola Sebaran Vegetasi daerah riparian Sub DAS Pusur dari bagian hulu, tengah, dan hilir mayoritas vegetasi ripariannya tergolong kedalam model pola tersebar (dispersi). Pola sebaran tersebut didukung dari struktur vegetasi yang dipengaruhi oleh faktor lain seperti halnya pendekatan ekologi yang terlihat dari kondisi dan karakteristik struktur vegetasi dalam setiap letak dan posisi geografis di dalam lanskap riparian Sub DAS Pusur.

Kata Kunci: AnalisisVegetasi, NDVI, INP.

LOADING LIST...
yusufkharisma7@gmail.com
Ir.Sugeng Wahyudiono.MP (P) - Personal Name
M.Darul Falah,S.Hut.,MP - Personal Name
Yusuf Kharisma - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...