Ir. Agus Prijono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIVITAS KONSENTRASI INSEKTISIDA CONFIDOR TERHADAP PENGENDALIAN HAMA ULAT PENGGULUNG DAUN (Strepsicrates spp.) PADA TANAMAN Eucalyptus sp. DI UMUR 1 BULAN


Hutan Tanaman Industri (HTI) merupakan hutan yang ditanamai dengan sistem monokultur atau satu jenis tanaman saja. Di PT.RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) sendiri tanaman pokok yang dikembangkan salah satunya jenis Eucalyptus grandis pellita. Saat ini meningkatnya kebutuhan bahan baku pulp dan kertas menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan HTI untuk meningkatkan produktivitas dalam memenuhi permintaan bahan baku tersebut. Dalam pengelolaannya, HTI mendapati berbagai kendala seperti serangan hama ulat penggulung daun (Strepsicrates spp.) yang dikendalikan secara kimiawi menggunakan insektisida. Ulat penggulung daun (Strepsicrates spp.) menyerang dengan memakan pucuk tanaman sehingga membuat pertumbuhan tanaman menjadi lambat. Sedangkan insektisida yang digunakan adalah jenis Confidor SL dengan bahan aktif Imidakloprid 200 g/l.
Penelitian ini dilakukan di PT. RAPP Estate Teso, Riau. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan satu faktor perlakuan yaitu konsentrasi Insektisida Confidor untuk mengendalikan hama ulat penggulung daun (Strepsicrates spp.) pada tanaman . Jenis konsentrasi yang digunakan adalah yaitu konsentrasi 0,1% (kontrol), 0,15%, 0,2%, dan 0,25% dengan 3x ulangan pada setiap perlakuan. Parameter yang diamati adalah severitas dan insidensi serangan hama ulat penggulung daun (Strepsicrates spp.) yang diamati secara periodik selama 3 minggu yaitu pada hari ke- 0, hari ke-5, hari ke-10, hari ke-15, dan hari ke-21. Data dianalisis dengan analisis varians, dan hasil analisis varians yang menunjukkan beda nyata diuji lebib lanjut dengan LSD (Least Significant Difference).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis konsentrasi yang diaplikasikan sampai pada batas yang di uji masih menunjukkan kecenderungan terhadap penurunan insidensi dan severitas serangan hama ulat penggulung daun (Strepsicrates spp.) pada tanaman Eucalyptus CGP. Jenis konsentrasi yang di uji belum menunjukkan dampak yang signifikan bagi tanaman dan lingkungan.

LOADING LIST...
budysucipto03@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP (P) - Personal Name
Prof. Dr. Ir. Sumardi, M. For. Sc - Personal Name
Budy Sucipto - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...