Ir. Agus Prijono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI KONSENTRASI GLIFOSAT TERHADAP PENGENDALIAN BERBAGAI JENIS GULMA PADA TANAMAN Eucalyptus pelita DI PT. RIAU ANDALAN PULP AND PAPER


Pengendalian gulma sangat perlu dilakukan di lapangan, pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara menggunakan kimiawi atau herbisida, manual dan biologi. Salah satu departemen yang berfungsi dalam melakukan perawatan dan pengendalian gulma adalah departemen plantation. Gulma menjadi pengganggu bagi tanaman pokok untuk tanaman bisa tumbuh dengan baik dan normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bahan aktif glifosat untuk mengendalikan berbagai jenis gulma dan untuk mengetahui konsentrasi glifosat yang tepat untuk mengendalikan berbagai jenis gulma.
Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan uji lanjut LSD. Analisis yang digunakan adalah analisis ANNOVA dengan uji F taraf uji 0,05%. Hasil dari penelitiannya adalah konsentrasi yang digunakan 0,5%, 1% dan 1,5% menunjukan hasil yang tidak signifikan. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu herbisida dengan bahan aktif glifosat cukup efektif digunakan untuk pengendalian gulma di lapangan terutama terhadap gulma anakan akasia (Accacia mangium), kentangan (Borreria latifolia) dan anakan kayu (Eucalyptus sp.), namun untuk jenis gulma pakis udang (Stenochlaena palustris) dan senduduk bulu (Clidemia hirta) herbisida tersebut kurang efektif karena kematian gulma yang lama dan penggunaan konsentrasi 0,5%, 1% dan 1,5% tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kematian gulma.


LOADING LIST...
sukrimp00@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
Dr. Ir. Rawana, MP (P) - Personal Name
Sukri Marphi - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...