Didik Surya Hadi, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Perbandingan Pengupasan Kulit Kayu Acacia Carssicarpa Di Infield Dan Di TPn Menggunakan Debark Ponton Darat Estate Pelalawan


Pengulitan (Debarking) merupakan pengupasan kulit dari batang pohon, baik waktu masih berada di hutan maupun sudah dieksteraksi ke TPn. Produktifitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan barang dalam jumlah tertentu dengan selama periode waktu terbatas. Pengukuran kemampuan produktivitas ini dilakukan terhadap mesin tenaga kerja atau justru keseluruhan aktivitas industri. Kualitas adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia/tenaga kerja, proses dan tugas, serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan atau konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas alat (m³/jam) dan kualitas serta biaya operasional alat pengupasan kulit kayu baik yang dilakukan di Infield maupun yang dilakukan di TPn. Penelitian ini menggunakan metode analisis T-test. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara mengamati dan melakukan time study kegiatan Pengupasan kulit kayu yang dilakukan di Infield dan di TPn. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah waktu, volume, produktivitas, kualitas dan biaya operasional proses pengupasan kulit kayu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata produktivitas pengupasan yang dilakukan di infield sebesar 10.34 m/jam, sedangkan pengupasan yang dilakukan di TPn sebesar 11,86 m3/jam. Rata-rata kualitas pengupasan yang dilakukan di Infield yaitu 91.11 %, sedangkan kualitas pengupasan yang dilakukan di TPn yaitu 86.11 %. Biaya Rata-rata yang dibutuhkan untuk pengupasan yang dilakukan di infield sebesar Rp. 15.427, sedangkan biaya pengupasan yang dilakukan di TPn sebesar Rp. 13.825.


LOADING LIST...
nurwantotouah@gmail.com
Didik Surya Hadi, S.Hut, MP - Personal Name
Nurwanto - Personal Name
M. Darul Falah, S.Hut. MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...