Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Sifat Kimia Tanah dengan Pertumbuhan Tinggi Eucalyptus sp. di Estate Teso PT Riau Andalan Pulp and Paper


Dalam kegiatan industri, salah satu aspek utama yang diperhatikan adalah produktivitas. Untuk mencapai produktivitas yang optimal, dibutuhkan analisis mengenai sifat kimia tanah dengan harapan dapat dilakukan manipulasi pada kondisi kesuburan tanahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sifat kimia tanah dengan peninggi, sifat kimia tanah apa saja yang berpengaruh secara nyata terhadap peninggi, serta seberapa besar kontribusinya terhadap peninggi Eucalyptus sp. pada umur 6 bulan.

Data yang diperoleh untuk penelitian adalah data sekunder dari Departemen Strategic Planning dengan jumlah sampel sebanyak 23 plot PSP yang ada di Estate Teso. Spesies yang digunakan dalam pengamatan adalah Eucalyptus sp. berumur 6 bulan. Analisis data yang digunakan berupa analisis regresi linear berganda, korelasi, serta kontribusi dengan parameter berupa sifat kimia tanah dan peninggi tanaman Eucalyptus sp.

Hasil yang didapat menunjukkan hubungan yang dimiliiki oleh setiap sifat kimia terhadap peninggi tanaman Eucalyptus sp. umur 6 bulan memiliki arah korelasi yang berbeda-beda. Untuk sifat kimia yang berkorelasi negatif terdiri dari pH , KTK, nitrogen, kalium, kalsium, dan magnesium, serta sifat kimia yang memiliki korelasi positif terdiri dari C-organik dan P. Dari sifat kimia tanah yang ada, yang signifikan terhadap peninggi tanaman Eucalyptus sp. umur 6 bulan adalah pH dan C-organik. Besarnya kontribusi dari yang terbesar adalah C-organik dengan kontribusinya sebesar 48,87%, kemudian diikuti oleh pH dengan nilai kontribusi sebesar 30,52%, KTK dengan nilai kontribusi 17,28%, dan nitrogen dengan nilai kontribusi 2,81%.
Kata kunci : Produktivitas, Sifat Kimia Tanah, Peninggi.
LOADING LIST...
keviinsunardi@gmail.com
Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P) - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP (p) - Personal Name
Kevin Sunardi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...