Dr. Ir. Rawana, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

POTENSI CADANGAN KARBON HUTAN RAKYAT di DESA GIRI KERTO, KECAMATAN TURI, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi dan termasuk ke dalam delapan negara mega biodiversitas di dunia, baik flora maupun fauna yang penyebarannya sangat luas. Penelitian ini dilaksanakan dihutan rakyat di Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan April 2019.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui jumlah cadangan karbon di atas permukaan tanah di kawasan hutan rakyat Desa GiriKerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, serta memberikan informasi bagi masyarakat tentang karbon dan biomassa di lahan hutan rakyat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode plot, dengan ukuran plot 20 m x 100 m untuk pohon besar (pohon dengan diameter ≥ 30 cm), dan ukuran 5 m x 40 m untuk pohon kecil (pohon dengan diameter ≤ 30 cm), plot ukuran 1 m x 1 m untuk seresah. Potensi cadangan karbon di atas tanah dihitung dengan menggunakan persamaan alometrik. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah stok karbon hutan rakyat di Desa Girikerto Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebesar 48,26 ton/ha.


Kata kunci : biomassa, pohon besar, pohon kecil, agroforestry.

LOADING LIST...
nazarethbonatuasinaga@gmail.com
Dr. Ir. Rawana, MP (P) - Personal Name
N. Bonatua Sinaga - Personal Name
Karti Rahayu K., S. Hut, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...