Danang Tulus B; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PRESSBLOCK MEDIUM SERABUT KELAPA SEBAGAI MEDIA SEMAI TANAMAN SENGON (paraserianthes moluccana (Miq.) , Barneby & J.W. Grimes)


Medium tumbuh merupakan tempat tumbuhnya akar, penyedia unsur hara, udara dan air serta aktivitas mikroba tanah. Media tumbuh ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman terutama di persemaian karena media tumbuh yang cocok dengan suatu tanaman akan menghasilkan pertumbuhan bibit yang optimal di persemaian (Nursyamsi, 2015).
Penelitian ini menggunakan tanaman sengon (paraserianthes moluccana (Miq.) , Barneby & J.W. Grimes) sebagai objek penelitiannya pada media Pressblock medium limbah serabut kelapa dengan berbeda jenis pupuk kompos. Metode yang digunakan adalah Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Faktor yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis pupuk kompos. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan semai meliputi tinggi dan diameter semai sengon (paraserianthes moluccana (Miq.) , Barneby & J.W. Grimes), WHC (Water Holding Capacity), dan berat kering akar tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan Signifikan Pada hasil penelitian yang menunjukkan hasil signifikan hanya terdapat pada pengujian Berat Kering Akar dan WHC (Water Holding Capacity) Tinggi dan Diameter tidak signifikan. Pada bagian hasil penelitian pupuk kompos sangat mempengaruhi baik itu pertumbuhan akar maupun dari penyerapan air oleh media presblock sedangkan tanpa menggunakan campuran pupuk kompos masih kurang bagus, pupuk kompos yang paling bagus menurut hasil penelitian adalah kompos ayam.
Kata Kunci: Pressblock Medium, Sengon (paraserianthes moluccana (Miq.) , Barneby & J.W. Grimes)

LOADING LIST...
danangtulus6@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
Yogyajarta
LOADING LIST...