Novandio; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Keterampilan Operator Chainsaw Terhadap Produktivitas Kegiatan Felling Pada Tanaman Akasia (Acacia Mangium)


Kegiatan yang secara langsung memenuhi kebutuhan bahan baku mill adalah kegiatan Harvesting, dimana pada pelaksanaannya dimulai dari saat penebangan tegakan (Felling). PT. RAPP melakukan penebangan dengan 2 jenis cara, yaitu mekanis menggunakan harvester, dan manual menggunakan chainsaw. Produktivitas kegiatan penebangan menggunakan chainsaw dipengaruhi oleh keterampilan operatornya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan operator chainsaw terhadap produktivitas penebangan pada tanaman Acacia mangium dan menganalisis kompetensi pekerja di lapangan sesuai SOP. Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati dan menghitung hasil kerja operator. Parameter yang diamati meliputi: hasil skor form matriks, produktivitas, dan biodata operator chainsaw.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan operator chainsaw memiliki pengaruh yang nyata terhadap produktivitas penebangan pada tanaman Acacia mangium. Hal ini ditunjukkan oleh data keterampilan operator yang signifikan terhadap produktivitas penebangan.
LOADING LIST...
eotsusasaki@gmail.com
Novandio - Personal Name
Didik Surya Hadi, S.Hut. M.P. - Personal Name
M. Darul Falah, S.Hut. M.P. (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...