Ir. Surodjo Taat Andayani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perkecambahan Benih Johar (Cassia siamea Lamk) Dengan Perlakuan Pendahuluan Perendaman Asam Sulfat (H2SO4)


Johar (Cassia siamea Lamk ) merupakan tanaman peghasil kayu yang awet, termasuk ke dalam kayu keras. Pembudidayaan johar dilakukan dengan cara perekmbangbiakan menggunakan benih, namun terdapat masalah yang dihadapi pada saat perkembangbiakan menggunakan benih yaitu lama waktu yang dibutuhkan dalam proses perkecambahan apabila tidak diberikan perlakuan terlebih dahulu, karena benih johar memiliki sifat dormansi benih, yang mana hal tersebut dapat disebabkan oleh kulit pada benih johar yang cukup keras sehingga menyebabkan benih johar mengalami masa dormansi. Untuk mempermudah dalam proses perkecambahan digunakan perlakuan pematahan dormansi dengan menggunakan larutan kimia yaitu larutan H2SO4 dengan konsentrasi 96%, yang mana membuat kulit biji menjadi lunak sehingga mempermudah air masuk saat proses imbisiasi.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perlakuan perendaman terbaik yang menghasilkan kemampuan perkecambahan terbaik pada benih Johar (Cassia siamea Lamk). Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan ulangan yang sama. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati pertumbuhan benih. Parameter yang diamati meliputi waktu mulai muncul kecambah, waktu terakhir muncul kecambah, munculnya kecambah terbanyak, waktu batas 80% Pertumbuhan kecambah, persentase kecambah, dan indeks vigor.

Lama waktu perendaman terhadap benih Johar (Cassia siamea Lamk) menggunakan larutan asam sulfat H2SO4 memberikan pengaruh yang nyata terhadap waktu awal mulai muncul kecambah, waktu terakhir muncul kecambah, waktu batas 80% pertumbuhan kecambah, persentase kecambah, indeks vigor (IV), dan munculnya kecambah terbanyak. 15 menit merupakan perlakuan terbaik untuk skarifikasi benih johar karena memiliki kemampuan perkecambahan terbaik.

LOADING LIST...
nimatulbgmailcom
Ir. Surodjo Taat Andayani, MP - Personal Name
Nimatul Bariah - Personal Name
Dr. Ir. Tatik Suhartati, MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...