Ir. Agus Prijono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RAGAM TINGKAT KEPARAHAN SADAPAN POHON PINUS BERDASARKAN FOREST HEALTH MONITORING(FHM) DI RPH SAPURAN BKPH NGADISONO KPH KEDU SELATAN


Pinus pada awalnya ditanam di Jawa secara luas untuk supply pabrik kertas, namun pada akhirnya kebijakan pinus di Jawa disadap karena supply pabrik kertas tidak jadi dilaksanakan. Kelola hutan pinus dengan disadap disamping harus menguntungkan tetapi harus menjamin kelestariannya. Sadap pada dasarnya melukai pohon atau batang yang apabila melampui batas pemulihan pohon akan mempengaruhi pertumbuhan atau mati. Implementasi suatu sistem penyadapan getah pinus bertujuan untuk memperoleh hasil getah seoptimal mungkin dengan tetap memperhatikan kelestarian hutan pinus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat keparahan sadapan pohon pinus pada umur 15 dan 17 tahun berdasarkan standar Forest Health Monitoring (FHM) pohon pinus di RPH Sapuran BKPH Ngadisono KPH Kedu Selatan.
Pengambilan sampel menggunakan metode FHM (Forest Health Monitoring), pembuatan clusterplot untuk pengambilan sampel kesehatan pohon setiap petak berdasarkan kriteria pengamatan kesehatan pohon pinus yaitu lokasi, tipe kerusakan, dan kelas keparahan. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan sadapan getah pinus pada pohon pinus umur 15 tahun petak 33F dan sadapan getah pinus pada pohon pinus umur 17 petak 33K memiliki keragaman tingkat keparahan menurut standar Forest Health Monitoring (FHM) karena tingkat keparahan >20% mengakibatkan penurunan kesehatan pohon pinus tersebut. Status kesehatan pohon pinus umur 15 tahun petak 33F luas 1 Ha dengan jumlah pohon 207 menunjukkan pohon dengan kerusakan ringan 55%, pohon dengan kerusakan sedang 45%, petak 33K umur 18 tahun luas 3 Ha dengan jumlah pohon 528 menunjukkan pohon sehat 20%, pohon dengan kerusakan ringan 77%, dan pohon dengan kerusakan sedang 3%, petak 34i-2 umur pohon pinus 5 tahun luas 1 Ha dengan jumlah pohon 42, memiliki status kesehatan pohon sehat 87,62% dan pohon dengan kerusakan ringan 2,38%.

kata kunci : Forest Health Monitoing, kesehatan pohon pinus, status kesehatan pohon, sadapan pohon pinus




1) Mahasiswa
2) Dosen Pembimbing
3) Dosen Penguji
LOADING LIST...
Fatmanovi07@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP (P) - Personal Name
FATMA NOVIANTI - Personal Name
Prof. Dr. Ir. Sumardi M. For, Sc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...