Dra. Suprih Wijayani, M. Si.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMUPUKAN SENGON DENGAN UREA


Untuk menghasilkan bibit yang memiliki mutu baik maka kegiatan pengelolaan dipersemaian sangatlah penting. Salah satu jenis kegitaan dalam persemaian yang menjadi bagian penting adalah pemupukan semai. Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk komersil yang banyak dijual di pasaran yang mampu memberikan nilai N yang lumayan tinggi. Pupuk urea termasuk dalam jenis pupuk higroskopis, mudah tercuci oleh air, dan mudah terbakar oleh matahari. Nitrogen dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar, umumnya nitrogen menjadi faktor pembatas pada tanah-tanah yang tidak dipupuk. Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk komersil yang banyak dijual di pasaran yang mampu memberikan nilai N yang lumayan tinggi namun dapat memberikan dampak negative bila penggunaannya dalam jumlah yang besar. Nitrogen dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar, umumnya nitrogen menjadi faktor pembatas pada tanah-tanah yang tidak dipupuk. Unsur N adalah jenis unsur yang mobilsi dalam tanaman, unsur N di dalam tanaman akan dialihkan dari daun tua ke daun yang muda
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pemberian berbagai konsentrasi pupuk urea terhadap pertumbuhan semai sengon. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan faktor tunggal. Parameter yang digunakan yaitu tinggi semai, diameter, indeks kekokohan, panjang akar primer, jumlah akar lateral, dan jumlah bintil akar. Pengamatan dilakukan dengan mengamati dan mengukur langsung sampel percobaan.
Hasil penelitian menunjukan perlakuan konsentrasi pupuk urea (gram/liter) memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan semai sengon umur 3 bulan dan konsentrasi pupuk urea (gram/liter) terbaik pada pertumbuhan semai sengon adalah 1 gram/liter.

LOADING LIST...
ekakumalajatinengtyas@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...