HASTANTO BOWO W.,S.Hut.MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Produktivitas Penggemburan Tanah( Mechanical Soil Cultivation / MSC ) Menggunakan Alat Dozer dan Excavator


Hutan Tanaman Industri atau yang selanjutnya disebut HTI adalah hutan yang dibangun dalam rangka meningkatkan potensi dan kualitas hutan produksi. Terdapat beberapa kegiatan penting sebagai penyokong untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya penggemburan tanah terhadap persiapan areal yang baik. Pada kegiatan ini, dilaksanakan menggunakan alat mekanis yang bertujuan untuk mengefisiensikan biaya dan waktu dalam pencapaian targetnya. Mechanical Soil Cultivation adalah proses pengolahan tanah secara mekanis dengan cara menggemburkan tanah menggunakan alat berat yaitu Dozer dan Excavator.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar produktivitas alat (ha/jam) serta biaya operasional alat Mechanical Soil Cultivation /penggemburan tanah menggunakan Dozer John Deere 850J dan Excavator CAT 313D. Pengumpulan data yang dilakukanan pada penelitian ini dengan cara mengamati serta melakukan time study pada kegiatan Mechanical Soil Cultivation / penggemburan. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah produktivitas dan biaya operasional pada proses kegiatan Mechanical Soil Cultivation. Serta analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis T-Test.
Dari penelitian yang dilaksanakan maka hasil yang bisa ditunjukkan bahwa rata – rata produktivitas alat Mechanical Soil Cultivation menggunakan Dozer John Deere 850J sebesar 0,361 ha/jam sedangkan Excavator CAT 313D sebesar 0,219 ha/jam. Dan untuk rata – rata lubang tanam pada massing – masing alat yaitu sebanyak 601 dan 365. Dan untuk rata – rata lubang tanam yang didapat pada Dan untuk rata – rata biaya operasional Mechanical Soil Cultivation menggunakan alat Dozer John Deere 850J yaitu senilai Rp. 715.421 ha/jam sedangkan Excavator CAT 313D Rp. 1.207.932
LOADING LIST...
angeliayuniarti.sianturi96@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...