ERWIN NATA KUSUMA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI INSEKTISIDA CONFIDOR TERHADAP SERANGAN HAMA ULAT PENGGULUNG DAUN PADA TANAMAN Eucalyptus pellita"


Salah satu masalah yang dihadapi dalam budidaya tanaman HTI adalah hama ulat penggulung daun Strepsicrates spp. yang banyak menyerang tanaman Eucalyptus pellita. Serangan hama ulat penggulung daun Strepsicrates spp. menyebabkan daun menjadi menggulung dan berlubang sehingga dapat menghambat proses fotosintesis dan pertumbuhan tanaman. Untuk mengendalikan serangan hama ulat penggulung daun Strepsicrates spp. pada tanaman Eucalyptus pellita dilakukan dengan menggunakan insektisida. Dalam penelitian ini dilakukan pengendalian hama ulat penggulung daun Strepsicrates spp. menggunakan insektisida Confidor dengan berbagai konsentrasi, yaitu konsentrasi 0,05%, konsentrasi 0,10% dan konsentrasi 0,15%. Dengan demikian dapat diketahui pengaruh konsentrasi larutan insektisida yang digunakan terhadap serangan hama ulat penggulung daun pada tanaman Eucalyptus pellita di umur 40 hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi insektisida Confidor yaitu konsentrasi 0,05%, 0,10% dan 0,15% terhadap persentase penurunan jumlah hama ulat penggulung daun (%).
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (Completely Randomized Design) dengan menggunakan 1 faktor perlakuan berupa konsentrasi insektisida Confidor yang terdiri atas konsentrasi 0,5%, konsentrasi 0,10% dan konsentrasi 0,15%. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah persentase penurunan jumlah hama ulat penggulung daun (%) setelah aplikasi insektisida Confidor selama 21 hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi insektisida Confidor berpengaruh sangat nyata terhadap penurunan jumlah serangan hama ulat penggulung daun Strepsicrates spp. Konsentrasi insektisida 0,15% menghasilkan persentase penurunan jumlah hama ulat penggulung daun yang lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrasi 0,05% sebesar 78,42% dan 0,10% sebesar 90,48%.

LOADING LIST...
erwinnatakusuma111@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...