Dr. Ir. Rawana, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI FUNGISIDA PEMULUS 80 WG TERHADAP SERANGAN PENYAKIT EMBUN TEPUNG PADA TANAMAN INDUK Eucalyptus pellita DI PT. RIAU ANDALAN PULP AND PAPER


Untuk mengembangkan HTI yang memberikan manfaat secara ekonomi sekaligus mempertahankan kualitas lingkungan hidup, pengelola HTI sebaiknya memperhatikan adanya gangguan baik yang bersifat biotik dan abiotik. Salah satu gangguan yang saat ini telah berpotensi mengancam keberlanjutan HTI adalah serangan penyakit embun tepung yang diakibatkan oleh jamur Oidium sp yang bersifat parasit obligat. Serangan utama penyakit embun tepung adalah melalui pada permukaan atas daun tertutup lapisan putih seperti tepung. Salah satu cara pengendalian serangan penyakit embun tepung adalah melalui penyemprotan fungisida dengan kandungan bahan aktif Sulfur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan fungisida Pemulus 80 WG yaitu konsentrasi 0,1%, 0,2%, dan 0,3% terhadap penurunan insidensi (tingkat kejadian) serangan penyakit embun tepung serta pertambahan tinggi dan diameter batang tanaman induk Eucalyptus pellita.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanaman induk Eucalyptus pellita yang berada di Mother Plant Eucalyptus pellita Baserah Central Nursery PT. Riau Andalan Pulp and Paper Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (Completely Randomimized Design) dengan menggunakan 1 faktor perlakuan yaitu konsentrasi larutan fungisida Pemulus 80 WG yang terdiri atas konsentrasi 0,1%, 0,2%, dan 0,3%. Data dianalisis dengan meggunakan analisis varians, dengan uji lanjut LSD (Least Significant Difference).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi fungisida Pemulus 80 WG tidak berpengaruh nyata terhadap persentase penurunan insidensi (tingkat kejadian) serangan penyakit embun tepung, pertambahan tinggi dan pertambahan diameter batang tanaman induk Eucalyptus pellita.

LOADING LIST...
febryhidayat182@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...