Dr. Dra. Y. Th. Maria Astuti, M.Si. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa chinensis L.) PADA PERLAKUAN PUPUK KASCING DAN PERBEDAAN VOLUME PENYIRAMAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk kascing dan perbedaan volume penyiraman terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Januari 2021 di lahan warga Jl. Tiara Citra, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Rancangan peneltian ini menggunakan rancangan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL). Faktor pertama adalah dosis pupuk kascing, yaitu dengan dosis 0 g (kontrol), 30 g, 90 g dan 150 g. Faktor kedua adalah volume penyiraman 150 ml, 200 ml dan 250 ml. Data diperoleh berupa data kuantitatif yaitu pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, diameter pangkal batang, berat segar tajuk, berat segar akar, berat kering tajuk, berat kering akar dan luas daun. Data kuantitatif dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of Variance). Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara perlakuan dosis pupuk kascing dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa chinensis L.). Perlakuan dosis pupuk kascing menunjukkan hasil berbeda nyata pada semua parameter dan dosis pupuk kascing terbaik adalah 150 g. Perlakuan volume penyiraman menunjukkan hasil berbeda nyata pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun dan luas daun. Volume penyiraman terbaik adalah 250 ml.
LOADING LIST...
rizky.mhartono97@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...