Ir. Surodjo Taat Andayani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Ketahanan Eucalyptus pellita dan Eucalyptus grandis Terhadap Serangan Angin di Estate Cerenti PT RAPP


Kerusakan karena angin pada Eucalyptus sp di PT. RAPP menjadi bagian penting untuk dipelajari agar dapat dipertahankan stock sampai akhir daur. Karakteristik pohon yang diduga mempengaruhi ketahanannya terhadap serangan angin antara lain adalah indeks pohon. Indeks pohon yang penting adalah indeks yang menunjukan kekokohan pohon yaitu rasio tinggi total dengan diameter setinggi dada (H/DBH) disebut indeks kelangsingan dan rasio antara panjang tajuk dengan tinggi total (CL/H) disebut indeks panjang tajuk relatif. Oleh karena itu memahami karakteristik indeks pohon dapat menjadi dasar dalam memahami perilaku pohon terhadap serangan angin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies dan umur pohon yang lebih tahan terhadap serangan angin, dan mengetahui perilaku perbedaan indeks H/DBH dan CL/H pohon yang tidak rusak (TR) dan rusak (R) pada dua spesies dan variasi umur.
Data diambil pada plot PMA divisi Plantation Monitoring Assessment di Estate Cerenti. Dua spesies yang diteliti adalah Eucalyptus pellita (CEP0006) dan Eucalyptus grandis (CGP0032). Pada ke dua spesies diteliti 4 variasi umur yaitu umur 18 bulan, 30 bulan, 42 bulan dan 54 bulan. Pengukuran terhadap 8 compartement dilakukan pada tinggi total, diameter setinggi dada (dbh) dan panjang tajuk (CL). Analisis data memanfaatkan rancangan acak kelompok lengkap dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eucalyptus pellita lebih tahan terhadap serangan angin daripada Eucalyptus grandis. Indeks H/DBH pada pohon rusak dan tidak rusak tidak menunjukkan perbedaan, sedangkan indeks CL/H menunjukkan perbedaan. Eucalyptus grandis memiliki potensi kerusakan pada berbagai umur dengan berbagai besarnya indeks H/DBH dan CL/H yang sama. Oleh karena itu pada Eucalyptus pellita, indeks H/DBH dan CL/H dapat menjadi indikator ketahanan pohon terhadap angin.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYKARTA
LOADING LIST...