Amanda Talitha Hariyanto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Hubungan Konsumsi Gorengan dengan Kesehatan di DEsa Telaga Sam Sam


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan pola konsumsi gorengan dengan kesehatan masyarakat di desa Telaga Sam Sam kecamatan Kandis, kabupaten Siak, Riau, dan mengetahui pengetahuan masyarakatnya tentang bahayanya menggunakan minyak goreng secara berulang ulang.
Penelitian ini dilakukan dengan cara deskriptif semi- kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kajian konsumsi makanan goreng di desa Telaga Sam Sam kecamatan Kandis, kabupaten Siak, Riau dengan cara pengumpulan data primer tanpa adanya perlakuan dan intervensi kepada subjek, dengan berupa kuisoner yang terdiri karakteristik subjek, kueisoner food frequncy questionnaire (FFQ), kuesioner pengetahuan tentang asam lemak trans, kuesioner pemilihan makan, tentang penyakit yang pernah atau yang sedang diderita masyarakat desa. Kriteria sampel yang sudah mampu mengonsumsi gorengan dengan jumlah 62 Subjek.
Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar masyarakat desa Telaga Sam Sam, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau mengonsumsi gorengan dengan frekuensi makanan ialah 1-5 kali/minggu (95,2%), pemakaian minyak goreng secara berulang sebanyak 3 kali masih dilakukan masyarakat desa Telaga Sam Sam dengan persentase 58,1%. Ada hubungan konsumsi gorengan dengan kesehatan di desa Telaga Sam Sam. Pendapat subjek mengenai seberapa penting pemilihan makanan terkait makanan goreng yang ditinjau dari aspek kesehatan, perasaan, kemudahan, sensorik, harga, pengolahan makanan, dan kebiasaan dinilai penting oleh masyarakat setempat
Kata kunci : Makanan gorengan, frekuensi makan

LOADING LIST...
taliitha99@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...