Rezki Pranata; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMUPUKAN NPK PADA SEMAI Acacia crassicarpa MUTU C DI BASERAH CENTRAL NURSERY PT. RAPP


Pemenuhan kebutuhan bahan baku PT. RAPP berupa kayu didukung oleh pembangunan Hutan Tanaman Industri yang ditumbuhi dengan tegakan berkualitas. Penggunaan Semai yang bermutu sangat dianjurkan untuk memperoleh hasil tegakan yang optimal dan berkualitas. Tingginya persentase semai mutu C di PT. RAPP yakni sebesar 23% dari 5 juta produksi semai pada bulan juli 2020 mengakibatkan kerugian yang cukup besar dalam kegaiatan produksi bibit. Semai mutu C adalah semai yang memerlukan perawatan tambahan untuk dapat memenuhi kriteria bibit premium yang sudah di tetapkan sebagai standar kelulusan bibit. Banyak kegiatan kultur teknis yang diusahakan untuk memperbaiki mutu semai di persemaian PT. RAPP, salah satunya adalah pemupukan NPK. Pupuk NPK merupakan pupuk majemuk yang memiliki unsur hara esensial yakni Nitrogen, fosfor, dan kalium.
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh konsentrasi pemupukan NPK (32-10-10) terhadap pertumbuhan dan kesehatan semai Acacia crassicarpa mutu C. Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktor tunggal denagan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati dan mengukur sampel percobaan. Parameter yang diamati meliputi : pertambahan tinggi perminggu, pertambahan diameter perminggu, tingkat kejadian serangan penyakit (Insidensi), tingkat keparahan serangan penyakit (Severitas), tingkat kematian (mortalitas), dan persentase jadi semai.
Hasil penelitian menunjukkan pemupukan NPK (32-10-10) pada berbagai konsentrasi berpengaruh terhadap pertambahan tinggi perminggu dan pertambahan diameter perminggu. Namun pemupukan NPK (32-10-10) tidak berpengaruh terhadap tingkat kejadian serangan penyakit (Insidensi), tingkat keparahan serangan penyakit (Severitas), tingkat kematian (Mortalitas), dan persentase jadi bibit.

LOADING LIST...
Pranata2409@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...