Ir. Siman Suwadji, MP (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS HARVESTING SET UP FULL MEKANIS PADA LAHAN DATAR DAN CURAM DI AREAL MINERAL SOIL ESTATE BASERAH PT RAPP


Pembangunan HTI di Indonesia bertujuan untuk menyediakan bahan baku industri kehutanan, baik untuk keperluan perkayuan maupun untuk industri pulp dan kertas. Salah satu kegiatan penting yang dilakukan adalah kegiatan pemanenan hasil hutan kayu yang merupakan ujung tombak pengeloloaan hutan yang baik. Penggunaan alat mekanis untuk kegiatan produksi pada dasarnya berarti mengefisienkan waktu dan biaya dalam mencapai target produksi.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai efektivitas dan efisiensi penggunaan alat berat (mekanisasi) untuk pemanenan kayu dalam satu set up alat yaitu Harvester dan Forwarder dengan memperhatikan kondisi topografi yang berbeda yaitu dengan lahan yang datar dan curam. Penelitian ini menggunakan metode analisis efektivitas, efisiensi dan analisis uji-T. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian terdiri dari observasi dan time study kegiatan felling, debark, bucking, extraction. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah produktivitas dan biaya operasional kegiatan pemanenan kayu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produktivitas rata - rata alat Harvester – Forwarder kelerengan datar adalah 13.39 m3/jam dan 46.78 m3/jam. Biaya operasional rata - rata Harvester - Forwarder pada kelerengan datar adalah Rp. 79.013 /jam dan Rp. 29.537 /jam

LOADING LIST...
raihanfadhlurrahman99@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...